Jumat, 15 November 2013

Waktu Yang Efektif Untuk Mengupdate Sebuah Blog

(iklan google)

Waktu Yang Efektif Untuk Mengupdate Sebuah Blog

Awalnya Sih Saya tidak terlalu paham kapan waktu yang pas untuk menulis sebuah Postingan atau mengupdate Blog, Biasanya saya mengupdate Blog kapan sempat aja, namun tidak merubah trafik sama sekali bahkan hanya sedikit, tetapi sekitar seminggu yang lalu saya mencoba untuk mengupdate blog di pagi hari sekitar jam 07.00-10.00, alhasil luar biasa, yang biasanya pengunjung hanya sedikit tetapi setelah saya mencoba untuk mengupdate blog di jam itu menjadi lebih luar biasa,. Awalnya saya tidak terlalu memperhatikan, tapi belakangan baru sadar kalau ternyata statistik blog meningkat lumayan signifikan, bahkan belakangan hampir 100% dari statistik sebelum saya rajin posting pagi-pagi.
Nah, dua hari ini karena kesibukan di pagi hari saya tidak sempat meluangkan waktu untuk membuat postingan. Saya tetap membuat postingan, tapi waktunya jadi bergeser menjadi Sore atau malam. Sekali lagi saya memperhatikan, ternyata statistik blog juga menurun lumayan drastis. Bahkan hampir 100%.
Mau tidak mau saya kemudian menghubungkan antara waktu posting dengan perubahan statistik itu. Betulkah ada kaitannya ?
Saya ingat, sahabat saya Bradley pernah membuat postingan yang sama. Di postingannya dia membuat analisa sederhana tentang ”waktu posting yang paling potensial mendongkrak traffic di blog”. Salah satu waktu yang katanya paling efektif adalah di pagi hari di hari kerja karena entah kenapa orang Indonesia justru lebih aktif di dunia maya di dalam jam kerja. Keaktifan itu juga potensial membuat banyak orang yang berkunjung ke blog kita ketika tautan dari postingan tersebar melalui sosial media.
Peran sosial media memang sangat besar untuk menopang popularitas blog selain tentu saja melalui cara lain yang lebih teknis. Ini juga yang saya lakukan setiap kali selesai mengupdate blog. Linknya dengan cepat saya sebar melalui twitter dan facebook. Bila berhasil memilih judul yang menarik maka biasanya kunjungan melalui dua jejaring sosial itu juga akan sangat signifikan.
Waktu Yang Efektif Untuk Mengupdate Sebuah Blog
Waktu yang paling tepat memang adalah pagi hari, ketika sebagian besar penggiat sosial media belum terlalu sibuk atau malah masih dalam perjalanan. Mereka bisa menyambi dengan mengklik tautan yang disebar dan terlihat menarik itu.
Kalau dipikir-pikir, cara menyebar tautan via social media bisa saja dilakukan di waktu tertentu tanpa harus membuat postingan bukan ? Tapi tentu saja kesannya beda dengan menyebar tautan sebuah postingan baru dengan tautan ke postingan lama.
Nah, analisa sederhana saya tentang waktu posting blog? yang paling tepat menerbitkan kesimpulan semena-mena bahwa pagi hari sebelum pukul 12 adalah waktu yang paling pas. Entah, mungkin ada yang bisa menjelaskan dengan lebih teknis, tapi selama Beberapa Minggu ini khasiatnya begitu terasa ke traffic blog.
Bagaimana dengan teman-teman blogger yang lain ? Ada kesimpulan atau masukan yang lain ? Yuk berbagi.

“KEEP MOVING FORWARD”

(iklan google)
Socializer Widget By robsdesigner
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

1 komentar:

robsdesigner.blogspot.com
Mengupas tentang Teknologi Terkini, SEO, Blogging dab Bisnis Online.Silahkan memberi Komentar Yang Baik, Kritik dan Saran di terima demi kemajuan Bersama "KEEP MOVING FORWARD"