kepercayaan adalah kunci utama dalam dunia bisnis baik online
maupun offline, apalagi kepercayaan dari konsumen merupakan hal yang sangat lebih
penting. Rasa percaya yang diberikan konsumen kepada anda tentu sangat
berpengaruh terhadap hasil yang anda peroleh. Oleh karena itu membangun dan
mendapatkan kepercayaan dari konsumen anda adalah hal yang sangat perlu untuk
diusahakan. Lalu bagaimana cara mendapatkan kepercayaan konsumen?
Sebagian besar konsumen memberikan kepercayaan kepada anda
karena mereka melihat dari sikap yang anda lakukan kepadanya. Bagaimana
tindakan dan cara kerja anda, lalu seberapa profesional anda dalam memecahkan
masalah mereka dengan produk yang anda miliki. Itu semua tentu menjadi
pertimbangan tersendiri bagi para konsumen anda. Namun ada satu hal yang sangat
penting yang tidak boleh anda ilupakan. Apa itu? Bukti. Ya, tunjukan bukti
kepada para calon konsumen anda agar mereka lebih yakin dan percaya.
Mungkin pekerjaan anda akan menjadi lebih berat apabila anda
memberikan penjelasan panjang lebar, tanpa disertai dengan bukti-bukti yang
menguatkan. Mereka akan sulit untuk yakin dan mempercayai anda. Seakan ada
sebuah tembok besar yang menghalangi hati mereka untuk mempercayai anda. Lalu
bagaimana? Cobalah untuk merobohkan tembok penghalang di hati konsumen anda
dengan menerapkan tips-tips berikut...
Cara mendapatkan kepercayaan konsumen
Mendapat
Kepercayaan Konsumen
Tunjukan Kredibilitas Anda.
Secara umum, kredibilitas dapat diartikan sebagai kualitas
diri untuk dapat dipercaya. Tunjukanlah sikap yang memang menunjukan anda
pantas mendapatkan kepercayaan dari konsumen anda. Mulai dari cara anda
memperlakukan mereka, misal anda selalu tepat janji, baik saat membuat janji
temu, atau saat mengantarkan produk ke konsumen anda. Kuasailah pengetahuan
mengenai produk anda dengan baik, dan gunakan pengetahuan tersebut untuk
membantu konsumen anda dalam memecahkan masalah mereka. Rekomendasikan produk
anda untuk membantu mereka secara tulus.
Pastikan Produk Anda Berkualitas.
Jangan mencoba untuk
membohongi konsumen anda dalam hal kualitas. Carilah produk yang berkualitas,
karena kepuasan pelanggan adalah tanggung jawab anda. Jangan pernah membuat
konsumen anda kecewa dengan memberikan produk dengan kualitas rendah. Jika
mereka kecewa, kepercayaan mereka kepada anda akan pudar. Jika anda telah
memiliki produk yang berkualitas, tugas anda akan menjadi sedikit lebih ringan.
Anda hanya cukup meyakinkan mereka, dan kualitas produk yang nantinya akan
berbicara.
Berikan Bukti Nyata.
Berikan bukti jika produk anda memang berhasil. Jika anda
pelaku MLM, maka tentu anda memiliki 2 produk. Produk anda dan juga peluang
bisnis yang anda tawarkan. Tunjukan bukti jika produk anda bermanfaat. Anda
dapat memperlihatkan testimoni-testimoni mereka yang telah memakai produk anda.
Begitu juga dengan tawaran bisnisnya. Anda dapat tunjukan ada berapa banyak
orang yang telah berhasil menjalan tawaran bisnis anda, siapa saja mereka,
berasal dari latar belakang apa saja. Anda juga perlu transparan dengan
penghasilan yang telah anda dapat dari bisnis yang anda tawarkan tersebut.
Biarkan Prospek Menguji Anda.
Terkadang tentu anda menjumpai prospek yang banyak
melontarkan pertanyaan kepada anda. Bersabarlah. Biarkan mereka menguji
kemampuan anda. Ingat, semakin banyak ujian yang anda hadapi, tentu akan
membuat anda menjadi semakin ahli. Dan yang terpenting ketika prospek anda
selesai memberikan ujian kepada anda, biasanya mereka sungguh percaya kepada
anda. Seiring berjalannya waktu, mungkin anda juga akan mendapatkan komplain
dari pelanggan anda. Tunjukan sikap profesional dan segera selesaikan masalah
tersebut.
Bangun Komunikasi Yang Baik.
Lancarnya proses komunikasi anda dan calon konsumen berperan
besar terhadap terbangunnya rasa percaya. Nah dalam bisnis online kita dapat
mulai membangun komunikasi dengan menggunakan blog. Bagaimana caranya? Yaitu
dengan menyapa para pengguna internet dengan memberikan artikel yang
bermanfaat. Selain itu turut aktif berkomentar, blogwalking, dan trackback juga
dapat dilakukan untuk memperlancar komunikasi bisnis anda dengan calon
konsumen.
Itulah kelima cara yang mungkin sudah sering anda dengar.
Tapi coba ingat kembali, apakah anda sudah mencoba untuk mempraktekannya
langsung? Coba baca kembali, pahami dan segera praktekkan dan lihatlah
hasilnya. Saya yakin ada pengaruh positif jika kelima cara diatas dilakukan
dengan sungguh-sungguh. Apakah anda memiliki pengalaman tersendiri tentang
bagaimana cara memperoleh kepercayaan dari konsumen? Mari berbagi disini, agar
saya dan rekan-rekan yang lain juga dapat bisa belajar dari anda mengenai
membangun kepercayaan konsumen."KEEP MOVING FORWARD"
(iklan google)
0 komentar:
Posting Komentar
robsdesigner.blogspot.com
Mengupas tentang Teknologi Terkini, SEO, Blogging dab Bisnis Online.Silahkan memberi Komentar Yang Baik, Kritik dan Saran di terima demi kemajuan Bersama "KEEP MOVING FORWARD"